Berita

    Ini Cara Membedakan Sparepart Asli dan Sparepart Palsu

    Penting sekali bagi pengguna mobil untuk memilih produk sparepart asli demi performa mobil optimal. Sayangnya saat ini ada banyak sekali produk sparepart palsu yang beredar di pasaran. 

    Tentu saja hal ini cukup berbahaya dan bisa membuat Anda sebagai pengguna mobil merasa bingung. Mari cari tahu apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membedakan mana sparepart yang asli dan palsu. 

    Membedakan Sparepart Asli dan Palsu

    Pemakaian sparepart palsu memang sangat tidak direkomendasikan. Jenis sparepart seperti ini bisa merusak performa mobil Anda dan justru membuat Anda rugi karena harus mengeluarkan uang lebih banyak saat perbaikan. 

    Itulah mengapa Anda sebaiknya benar-benar teliti saat akan membeli sparepart atau komponen mobil. Berikut ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membedakan mana sparepart yang asli dan palsu:

    • Cek Kondisi Kemasan

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat kondisi kemasannya. Ini menjadi cara termudah untuk menilai apakah produk tersebut asli atau palsu. Biasanya kemasan dari sparepart yang asli terbuat dari material yang tebal. 

    Selain tebal, kemasan produk asli juga biasanya lebih halus dan memiliki warna serta tulisan yang jelas. Selain itu logo atau hologram pada kemasan juga jauh lebih jelas, jauh berbeda dengan kemasan produk tiruan atau palsu. 

    • Cek Nomor Seri dan Kode

    Anda juga bisa mengecek nomor seri dan kode dari produk sparepart tersebut. Biasanya nomor seri dan kode akan tercantum pada katalog resmi sparepart. Anda bisa memeriksa kecocokannya dengan kemasan. 

    Jika ada perbedaan nomor seri dan kode antara katalog dengan kemasan, maka Anda perlu curiga. Bisa jadi produk sparepart tersebut adalah tiruan atau palsu dan harus dihindari. 

    • Periksa Kondisi Fisik

    Jangan lupa periksa juga kondisi fisik dari produk sparepart yang akan Anda beli. Ini sangat penting untuk dilakukan karena biasanya fisik dari produk asli dan palsu sangat jauh berbeda. 

    Anda bisa membandingkan produk dengan foto yang ada di website resmi pabriknya. Coba lihat seperti apa detail fisik sparepart tersebut dan bagaimana dengan kualitas materialnya. 

     

    spare part asli

    Pexels.com

    • Tanyakan Garansi

    Jangan lupa tanyakan juga garansi produk sebelum Anda membeli. Produk sparepart yang asli biasanya akan memberi penawaran garansi dari produsennya langsung. Ini akan jauh lebih aman bagi Anda sebagai pengguna. 

    • Bandingkan Harganya

    Sudah pasti Anda juga harus membandingkan harga karena sparepart asli biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Jika ada sparepart yang dijual dengan harga jauh lebih murah maka Anda perlu curiga. 

    Jangan mudah tergiur dengan penawaran sparepart yang sangat murah. Mungkin terasa menguntungkan di awal tapi sebenarnya hal ini membuat Anda rugi karena nanti sparepart palsu tersebut bisa merusak mobil Anda. 

    • Lakukan Verifikasi Data dari Pabrik

    Anda juga bisa melakukan verifikasi data dari pabrik sebelum membeli sebuah produk sparepart. Coba cek data pabrikan dari sparepart tersebut dan pastikan sesuai dengan data dari OEM atau Original Equipment Manufacturer

    • Cek Keaslian Barcode

    Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui apakah sparepart tersebut asli atau tidak adalah dengan mengecek keaslian barcode. Biasanya pada kemasan sparepart ada barcode yang bisa di-scan

    Cobalah untuk melakukan scan dan jika produk tersebut asli maka akan muncul spesifikasi lengkapnya. Namun jika produk tersebut palsu maka biasanya barcode pada kemasan adalah barcode palsu.