Berita

    Ini Cara Mengatasi Bumper Mobil yang Retak

    Pernahkah Anda mengalami bumper mobil retak? Hal ini bisa saja terjadi akibat adanya benturan keras yang mengakibatkan tampilan mobil menjadi tidak terlihat menarik seperti semula.

    Apabila dibiarkan dalam waktu lama, tentu hal ini bisa memperluas kerusakan pada komponen mobil Anda. Maka dari itu, perlu melakukan strategi untuk mengatasi bumper mobil yang rusak pada kendaraan Anda.

    Cara Mengatasi Bumper Mobil Retak

    Jika Anda mengalami masalah bumper mobil yang retak, tidak perlu khawatir. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan produk-produk yang mudah ditemukan di toko swalayan ataupun bengkel otomotif. 

    Selanjutnya, segera lakukan tindakan untuk mengatasi bumper dengan cara-cara yang benar! Berikut adalah langkah-langkahnya:

    • Gunakan Pasta Gigi

    Cara mengatasi lapisan cat bemper yang retak bisa Anda atasi dengan menggunakan pasta gigi. Pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung bahan pengikat berupa sodium bicarbonate.

    Kemudian, oleskan pasta gigi pada area yang retak dan diamkan selama beberapa menit. Setelah pasta mengering, bersihkan dengan kain lembut hingga lapisan bumper yang retak tersamarkan.

    • Oleskan Pengisi Retak

    Pengisi retak adalah bahan yang digunakan untuk mengisi bagian cat bumper yang retak. Untuk menyamarkan keretakan, Anda bisa mengoleskan pengisi retak pada area yang akan diaplikasikan.

    Tunggu bahan pengisi hingga mengering selama beberapa jam. Baru setelah itu, Anda bisa menggunakan kerta amplas untuk mengamplas permukaan bumper, lalu membersihkannya dengan kain lembut.

    • Semprot Menggunakan Cat Khusus

    Pada kasus keretakan bumper yang cukup parah, Anda bisa menggunakan cat semprot agar tampilan kembali mulus seperti semula. Gunakan cat semprot khusus yang sesuai dengan warna cat mobil Anda.

    Semprotkan bagian bumper yang retak hingga lapisan tertutupi secara merata. Saat proses penyemprotan, sebaiknya lakukan di tempat yang memiliki ventilasi agar tidak mencemar udara di lingkungan sekitar.

    • Gunakan Lilin Mobil

    Tips mengatasi bumper mobil retak selanjutnya adalah dengan menghilangkan bekas cat yang retak menggunakan lilin mobil. Produk ini dipercaya dapat membantu mengembalikan tampilan cat mobil menjadi mulus.

    olesi lilin mobil

    Pexels.com

    Proses pengaplikasiannya pun cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan lilin mobil ke area yang retak, lalu gosokkan dengan kain lembut. Lakukan secara berulang sampai retakan kecil tersamarkan dengan lilin mobil.

    • Pakai Bahan Alami

    Cara selanjutnya untuk mengatasi bumper mobil retak yakni memanfaatkan bahan alami seperti minyak kelapa atau baking soda. Kedua bahan ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi keretakan pada cat bumper mobil.

    Langkahnya, Anda tinggal mencampurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk pasta. Lalu, oleskan area yang rentak dan biarkan beberapa menit, kemudian bersihkan menggunakan kain lembut.

    • Lakukan Pengecatan Ulang

    Langkah terakhir, bisa Anda lakukan apabila keretakan cat cukup parah dan tidak bisa diperbaiki. Anda bisa mengecat ulang seluruh bumper mobil sesuai dengan warna sebelumnya.

    Meski cara ini membutuhkan biaya yang lebih besar, namun hasil yang didapatkan akan lebih baik. Asalkan, Anda memilih jenis cat mobil yang berkualitas dengan pilihan warna yang tepat.

    Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bumper mobil retak agar lapisan cat bisa kembali mulus seperti semula. Pastikan untuk segera mengatasi masalah ini agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada komponen mobil Anda.