Berita

    Ini Penyebab Dashboard Mobil Gampang Kotor

    Dashboard merupakan salah satu bagian interior yang cukup vital. Jika dashboard mobil gampang kotor, tentunya hal ini akan memengaruhi estetika kendaraan karena tampilan interiornya yang terlihat kusam dan kurang menarik. 

    Ternyata, kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel saja. Salah dalam memilih produk perawatan mobil juga bisa membuatnya terlihat kusam. 

    Sebenarnya, apa saja yang bisa menyebabkan tampilan dashboard terlihat mudah kotor? Berikut informasinya. 

    Ini yang Membuat Dashboard Mobil Gampang Kotor

    Terlalu sering mengabaikan kebersihan interior mobil membuat tampilannya terlihat kusam. Beberapa hal yang membuat tampilan dashboard pada mobil mudah kotor di antaranya adalah: 

    • Malas Membersihkan 

    Penyebab pertama kondisi dashboard terlihat kotor dan kusam adalah malas membersihkannya. Padahal, setiap hari banyak debu dan kotoran yang masuk melalui ventilasi atau jendela. 

    Jika tidak segera dibersihkan, tentunya akan membuat kotoran tersebut semakin menumpuk dan semakin sulit untuk dibersihkan. 

    • Lokasi Parkir yang Tidak Tepat

    Penyebab yang kedua adalah tidak memilih tempat parkir yang tepat, misalnya saja parkir di tanah lapang dan terkena sinar matahari secara langsung. Lokasi parkir yang demikian sangat tidak baik bagi tampilan mobil Anda. 

    Sebab, hal ini akan membuat cat mobil terlihat kusam retak jika terlalu lama terpapar sinar matahari. Selain itu, dashboard yang terbuat dari polimer plastik juga akan terasa lengket dan berminyak atau bahkan menjadi retak. 

    • Tidak Tepat dalam Memilih Produk Perawatan Mobil

    Cara membersihkan yang salah bisa membuat dashboard tampak semakin kusam. Salah satunya adalah membersihkan interior mobil dengan menggunakan produk perawatan khusus bagian interior mobil dengan kandungan yang terlalu keras. 

    Misalnya saja produk pembersih dashboard yang mengandung cuka atau alkohol. Sebab, kedua bahan ini memiliki kandungan yang bisa mempercepat terjadinya proses pengelupasan lapisan luar dashboard

     

    • Cuaca Ekstrem

    Penyebab berikutnya yang membuat dashboard mobil gampang kotor adalah cuaca yang terlalu ekstrem. Mobil yang terpapar sinar matahari secara berlebihan saat cuaca sangat panas akan membuat dashboard terlihat kering dan kusam. 

    terik matahari

    Sebaliknya, ketika cuaca menjadi sangat dingin akan membuat interior mobil menjadi lebih kaku dan rentan retak. 

    • Kebiasaan Merokok

    Buat yang hobi merokok dan sering melakukannya di dalam mobil sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab, dashboard mobil Anda akan menjadi sarang dari kotoran rokok tersebut. 

    Asapnya bisa menempel di langit-langit kabin dan permukaan dashboard sehingga membuatnya terlihat kotor, kusam, dan lengket. Belum lagi bau rokok yang menyengat akan melekat di dalam mobil. 

    Aroma tak sedap dari rokok tersebut tentunya akan membuat penumpang yang tidak suka merokok akan merasa kurang nyaman berada di dalam mobil Anda. 

    Jika tidak segera dibersihkan, maka kotoran dari rokok akan semakin menumpuk lalu mengeras sehingga sulit untuk dibersihkan. 

    • Usia Mobil 

    Dashboard yang tampak kusam dan kotor juga bisa disebabkan oleh usia dari mobil itu sendiri. Sebab, bagian interior ini akan mengalami penuaan sehingga permukaan warnanya mulai pudar dan kusam. 

    • Cairan Pewangi

    Penyebab lainnya yang membuat dashboard mudah kotor dan kusam adalah cairan pewangi mobil. Cairan yang merupakan zat kimia ini jika bocor dan tumpah pada dashboard akan membuatnya terlihat makin kusam. 

    Sebab, zat kimia tertentu yang mengenai bahan plastik jika ditambah dengan hawa panas/dingin maka lambat laun akan menyebabkan lapisan luar dashboard menjadi rusak. 

    Hal tersebut diperparah lagi dengan menggunakan cairan pembersih yang salah sehingga membuat tampilan dashboard mobil semakin rusak dan tidak menarik.   

    Itulah berbagai hal yang menyebabkan dashboard mobil gampang kotor. Agar tidak semakin kusam, sebaiknya beri perlindungan bagian ini dengan lapisan coating yang berkualitas dari Suzuki.