Berita

    Jangan panik, Ini Tips Mengemudi Di Sebelah Truk Kontainer

    Jalan raya adalah milik bersama. Selain mobil, kendaraan seperti truk juga memiliki hak yang sama dalam menggunakan jalan raya. Sebagai pengemudi yang baik, sepantasnya anda berkendara dengan baik bersama kendaraan lain. Memang ada sejumlah kasus dan kejadian di mana melibatkan truk tersebut dengan mobil pribadi yang ukurannya jauh lebih kecil. Bahkan di antaranya adalah kecelakaan fatal. Namun Anda bisa meminimalisir potensi bahaya jika memahami dan mampu mengemudi dengan baik ketika bersebelahan dengan truk kontainer

    Tips Mengemudi Di Sebelah Truk Kontainer

    Bagaimanapun, ketika mengemudi di jalan raya, bertemu berbagai jenis dan ukuran kendaraan tidak dapat dihindari, apalagi di jalan tol atau jalur lintas provinsi.

    Nah, sebetulnya Anda bisa meminimalisir potensi bahaya jika memahami dan mampu mengemudi dengan baik ketika bersebelahan dengan truk kontainer.

    Berikut ini tips yang aman dalam mengemudi di sebelah truk :

    • Berikan Jarak Aman

    Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika truk atau kendaraan besar berada di dekat mobil Anda saat di jalan adalah menjaga jarak aman. Jika Anda di belakangnya, jangan beri space terlalu dekat. Beri ruang berjarak 2 sampai 3 mobil dengan truk kontainer di depan Anda. Jika bersebelahan, pastikan Anda berada di sisi kanannya, karena truk tersebut seharusnya berkecepatan rata-rata lebih rendah.

    • Jangan Pernah Mendahului Dari Sisi Kiri

    Selanjutnya adalah jangan pernah mendahului dari sisi kiri. Sebab kendaraan besar tersebut akan sangat sulit memantau posisi mobil yang lebih kecil yang mendahului dari sisi kirinya. Hal ini akan sangat berbahaya. Mendahului truk kontainer dari kiri berpotensi tabrakan samping dan tabrakan beruntun. Terlebih jalur kiri yang digunakan adalah bahu jalan, hal itu tidak diperbolehkan.

    Jika hendak mendahului, pastikan gunakan dari sisi kanan truk tersebut. Beri tanda sein, lampu atau klakson agar pengemudi truk kontainer mengetahui keberadaan Anda yang hendak mendahului.

    • Hati - Hati Terhadap Marka Jalan

    Bila marka jalan tidak putus-putus artinya Anda tidak diperkenankan mendahului sampai ada marka putus.Pastikan pula kondisi kendaraan dari arah berlawanan atau arah belakang dalam kondisi aman untuk mendahului.

    Itulah sejumlah hal yang perlu anda terapkan ketika mengemudi berdampingan atau dekat dengan truk kontainer. Ketika telah menerapkan itu semua, tak perlu takut lagi. Namun tetap selalu waspada dan fokus.