Berita

    Kenali Tanda Selang Rem Mobil Perlu Diganti

    Salah satu sistem yang mendukung performa suatu mobil adalah sistem pengereman. Dalam sistem pengereman tersebut, salah komponen yang memiliki fungsi vital adalah selang rem mobil. Bisa dibayangkan ketika komponen tersebut rusak maka akan berakibat fatal bagi pengemudinya.

    Pengecekan secara berkala perlu dilakukan pada sistem pengereman suatu mobil. Anda perlu segera menggantinya jika menemukan tanda kerusakan agar perjalanan terus berjalan aman.

    Tanda Selang Rem Mobil Diganti

    Selang rem mobil atau sering disebut sebagai pipa rem umumnya dibuat dari bahan yang awet seperti logam dan tembaga serta dipadukan dengan beberapa bagian yang dibuat dari bahan karet yang elastis. 

    Perpaduan bahan tersebut dibutuhkan karena fungsinya akan terkait dengan gerakan maupun getaran kuat pada roda mobil. Ketika pedal rem diinjak maka minyak rem mengalir dari silinder master rem melalui selang rem menuju kaliper rem.

    Kondisi fisik selang rem perlu dicek rutin agar tidak bermasalah seperti retak, bocor ataupun mengembang. Jika selang rem bermasalah maka akan ada kebocoran minyak rem dan jika tidak ada minyak rem maka rem dipastikan blong ketika digunakan. Berbahaya bukan?

    Beberapa gejala yang ditimbulkan ketika selang rem bermasalah yaitu:

    1. Rem tidak berfungsi ketika digunakan
    2. Pada area roda terdapat kebocoran cairan berwarna bening
    3. Pedal rem dapat diinjak sampai habis

    Jika Anda menemui salah satu ciri di atas maka Anda harus segera menggantinya. Ada dua pilihan ketika ingin mengganti selang rem yaitu sebagai berikut.

    1. Selang rem standar: selang rem ini berbahan karet di mana yang harus diperhatikan adalah dimensi selang yang mungkin membesar ketika terkena suhu tinggi. Hal tersebutlah yang membuat performa selang rem standar sering dianggap kurang efektif.
    2. Selang rem racing: selang rem ini berbahan serat baja di mana dimensinya dapat dipertahankan dan memiliki performa pengereman yang baik.

    Struktur Selang Rem

    Setelah mengetahui ciri-ciri selang rem yang harus diganti, Anda juga perlu mengetahui komponen apa saja yang ada pada selang rem agar memudahkan pemahaman fungsinya. 

    Mungkin saja Anda membayangkan bahwa selang merupakan pipa berbahan karet yang panjang dan fleksibel dengan lubang sebagai aliran suatu cairan. Nah, berikut beberapa komponen khusus yang menyusun selang rem mobil.

    1. Outer Casing: komponen ini memiliki fungsi sebagai pelindung lapisan di dalamnya agar tidak mudah rusak di mana sesuai namanya lapisan ini merupakan bagian terluar dari selang rem.