Berita

    Ketahui Fungsi & Cara Merawat Komponen Piston Mobil

    Komponen piston merupakan komponen penting yang wajib ada pada otomotif. Terletak di dalam bentuk silinder mesin kendaraan Anda. Fungsinya yang vital pada sebuah otomotif membuat piton ini perlu diketahui cara merawatnya dengan baik.

    Pada artikel ini, Anda akan dijelaskan mengenai fungsi-fungsi dari piston otomotif dan cara merawatnya. Karena hal tersebut penting untuk kebutuhan mobil Anda agar dapat memiliki performa yang baik. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini!

    5 Fungsi Komponen Piston Mobil

    Jika Anda ingin mengetahui fungsi dari piston mobil, maka Anda juga wajib mengetahui komponen jenisnya. Karena piston ini terbagi dalam beberapa komponen, maka dari itu simak fungsi-fungsi dari berbagai komponen jenis piston mobil di bawah ini:

            1. Fungsi Celah Piston

    Fungsi komponen celah piston ini adalah sebagai tempat yang aman apabila piston terjadi pemuaian akibat dari proses pembakaran. Celah piston ini disebut juga sebagai piston clearance, yang berguna agar piston mobil Anda ketika melakukan gerakan tidak terhambat karena sudah ada celah tadi.

            2. Fungsi Ring Piston

    Ring piston ini salah satu komponen yang penting pula karena posisinya ada di sisi dinding piston. Bentuknya yang menyerupai gelang atau cincin, membuat komponen satu ini berperan sebagai pengukur kelenturan piston mobil Anda. Fungsi dari ring piston ini ada 3, yaitu:

    • Mencegah kebocoran langkah kompresi
    • Mencegah oli masuk ke ruang bakar
    • Memindahkan panas piston ke dinding silinder

            3. Fungsi Piston Pin

    Fungsi komponen piston berikutnya adalah piston pin yang ada di dalam rongga piston. Fungsi utamanya adalah sebagai pengait antara batang piston dan piston agar adanya lubang di bagian tengah. Nantinya, lubang tersebut berfungsi sebagai ruang sirkulasi oli yang melumasi piston.

            4. Fungsi Snap Ring

    Bentuknya yang mirip seperti cincin, komponen snap ring ini terletak di saluran rongga pin piston. Tugas dari komponen satu ini adalah mengunci pin piston agar tidak mengalami kerusakan dan keluar dari silinder piston 

            5. Fungsi Batang Piston

    Batang piston atau connecting road merupakan dua komponen dari piston mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara piston dan poros engkol. Bentuknya seperti dengkul manusia membuat komponen ini sangat vital perannya.