Berita

    Ketahui Fungsi dan Cara Kerja Pada Kaliper Rem Mobil

    Anda bisa dengan mudah mengatur kecepatan laju mobil dan menghentikan kendaraan dengan tepat karena komponen kaliper pada rem.

    Kaliper rem merupakan komponen mobil yang penting untuk sistem pengereman dengan menggunakan rem cakram. Fungsinya untuk menjepit piringan yang ada di cakram. Lalu, kira-kira apa saja fungsi lainnya beserta cara kerjanya? Berikut ulasannya:

    Fungsi Kaliper

    • Mengatur Kecepatan Laju Mobil

    Salah satu fungsi utama kaliper adalah untuk mengatur kecepatan laju mobil. Jadi, Anda bisa mengatur seberapa cepat laju mobil yang saat itu Anda butuhkan. 

    Namun, apabila ada kerusakan pada komponen ini akibatnya sangat fatal. Sebab, keamanan dan kenyamanan dalam berkendara juga tergantung bagaimana kaliper bekerja.

    • Mengatur Jalannya Pengereman

    Selain mengatur kecepatan laju mobil, kaliper juga berfungsi untuk mengatur jalannya pengereman. Mengerem mobil jadi lebih mudah dengan bantuan kaliper. Jadi, mobil bisa berhenti di tempat yang sesuai. Sebab kaliper ini diletakkan di depan dan belakang mobil. 

    Dengan kaliper ini Anda juga bisa mengatur jalannya pengereman yang awalnya kecepatan mobil tinggi bisa menjadi lebih pelan.

    • Jarak Pengereman Lebih Dekat

    Kaliper ini juga berfungsi agar jarak pengereman bisa lebih dekat. Jadi, Anda tak perlu mengerem dari jarak jauh. Cukup tekan pedal rem yang berada di bawah, maka secara otomatis mobil akan berhenti.

    • Menekan Cakram Mobil

    Saat proses pengereman mobil, dalam komponen kapiler ini terdapat cakram. Sementara bagian kampas berfungsi untuk menekan cakram agar mobil bisa berhenti dengan lancar.

    Cara kerja cakram mobil adalah saat Anda mulai menginjak bagian pedal, secara otomatis kampas akan menekan piringan cakram agar bisa berputar dan mobil bisa berhenti dengan sempurna.

    • Mengurangi Kecepatan Mobil

    Fungsi lainnya dari komponen ini adalah mengurangi kecepatan mobil. Tidak hanya menghentikan laju mobil, kapiler ini juga bisa mengurangi kecepatan laju kendaraan agar lebih lambat.

    Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kaliper memiliki beberapa fungsi diantaranya mengatur kecepatan laju kendaraan, mengatur jalannya pengereman, jarak pengereman lebih dekat, menekan cakram, dan mengurangi kecepatan mobil. 

    Intinya dengan adanya kaliper ini berkendara dengan mobil bisa lebih mudah, nyaman dan aman.