Berita

    Ternyata Ini Fungsi Oil Pan di Dalam Mobil.

    Oil pan (panci oli) yang biasa juga disebut karter oli adalah komponen penting pada sistem pelumasan mesin mobil. Komponen ini biasanya terbuat dari bahan logam seperti aluminium atau baja, dan terletak tepat di bawah silinder mesin mobil di antara blok mesin dan transmisi.

    Secara umum, karter oli atau oil pan adalah tempat menyimpan oli mesin untuk sementara setelah digunakan untuk melumasi berbagai komponen mesin yang membutuhkan pelumasan, seperti poros engkol, poros nok, dan lain-lain.

    Berikut Fungsi Oil Pan pada Mobil

    Dari penjelasan di atas, jelas bahwa fungsi utama dari karter oli adalah untuk menampung atau menyimpan oli. Selain itu, komponen ini juga berfungsi sebagai tempat saluran pembuangan oli serta untuk menjaga kelancaran sirkulasi oli. Berikut rinciannya:

    • Menampung Oli Mesin

    Ketika mesin mobil dihidupkan, pompa oli akan memompa oli dari karter ke dalam saluran oli dan mendistribusikannya ke seluruh komponen mesin yang membutuhkan pelumasan seperti poros engkol, poros nok, dan klep.

    Ketika mesin berhenti, sisa oli yang tidak terpakai akan kembali mengalir ke dalam karter oli. Oleh karena itu, komponen ini harus memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung jumlah oli yang dibutuhkan oleh mesin mobil.

    • Tempat Saluran Pembuangan Oli

    Fungsi oil pan selanjutnya adalah sebagai tempat untuk saluran pembuangan oli yang tidak terpakai. Di bagian bawah komponen ini terdapat lubang drain plug yang berfungsi sebagai pintu pengeluaran oli saat pergantian atau penggantian oli.

    Saat pergantian oli, drain plug dapat dibuka sehingga oli bekas dapat mengalir keluar melalui saluran pembuangan oli yang ada di karter oli. Kemudian, karter oli dapat diisi dengan oli baru.

    • Menjaga Kelancaran Sirkulasi Oli

    Fungsi utama yang terakhir dari oil pan adalah untuk menjaga kelancaran sirkulasi oli di dalam mesin. Sebab di dalamnya terdapat komponen yang berfungsi menjaga ketinggian oli dan memonitor jika ketinggiannya di bawah level yang ditentukan.

    Komponen-Komponen pada Oil Pan beserta Fungsinya

    Untuk melaksanakan berbagai fungsi di atas, karter oli dilengkapi oleh berbagai komponen di dalamnya. Masing-masing memiliki fungsi khusus sebagai berikut:

    • Oil Pan Gasket

    Oil pan gasket berfungsi sebagai segel antara karter oli dan mesin. Gasket ini terbuat dari bahan karet atau bahan plastik yang dapat menahan tekanan dan suhu tinggi agar tidak mengganggu kinerja mesin.

    • Drain Plug