Berita

    WAJIB TAHU! Tekanan Angin Ban yang Benar itu Segini

    Tekanan angin di ban seringkali disepelekan, padahal banyak kasus kecelakaan di tol karena faktor tekanan angin yang terlalu keras atau kurang. Tekanan angin dalam ban sebenarnya sudah ditentukan oleh pabrikan ban dengan pertimbangan dari segi ketebalan karet, dan struktur yang disesuaikan dengan jenis mobilnya. Makin berat muatan tentu ukuran ban dan tekanan angin nya akan makin besar sebagai kompensasi bobot muatan. Lalu bagaimana dengan tekanan angin ban mobil kita? Tekanan ban mobil kita harus menyesuaikan muatan mobil. Misalnya kita memiliki sebuah mobil keluarga yang membawa total 6 penumpang, tentu tekanan angin ban nya akan berbeda dengan saat tidak membawa penumpang. Kita juga perlu mempertimbangkan jarak yang akan ditempuh oleh mobil tersebut untuk meminimalisir potensi kecelakaan yang akan terjadi. Itulah sebabnya kita sering melihat himbauan polisi, DLLAJR, asuransi, dan pihak lain yang mengingatkan untuk mengecek tekanan angin ban pada saat akan berpergian jauh misalkan saat mudik dan liburan akhir tahun.

    Berikut ini adalah tekanan angin ban dari tiap jenis mobil:

    • Mobil MPV : (33-36) Psi
    • Mobil City Car : (30 – 36) Psi
    • Mobil Sedan : (30 – 33) Psi
    • Mobil SUV : (35 – 40) Psi.

    Untuk mobil yang berpenumpang penuh dan hendak melakukan perjalanan jauh, sebaiknya menggunakan batas tekanan atas. Sedangkan untuk jarak pendek dengan penumpang yang sedikit, gunakanlah tekanan bawah. Silakan mengecek tekanan ban pada tukang ban atau SPBU terdekat. Sebisa mungkin isi angin ban anda menggunakan nitrogen.

    Selain memeriksakan tekanan ban, untuk anda yang sedang akan melakukan perjalanan jauh, pastikan juga mesin anda dalam kondisi prima. Kunjungi bengkel resmi Suzuki di wilayah Cirebon dan sekitarnya. Booking segera jadwal servis anda pada halaman Service di website www.suzukicintadamai.co.id