Berita

    Cukup di Rumah Aja Untuk Membersihkan Jok Mobil Agar Makin Kinclong

    Jok mobil merupakan part utama dalam sebuah mobil. Ada jok mobil yang dilapisi dengan kain, ada jok yang dibalut dengan kulit sintetik dan ada juga mobil tertentu yang dibungkus dengan material kulit. Banyak mobil yang masih menggunakan jok kain. Jok model ini memang cepat kotor karena kotoran mudah menempel. Cara membersihkannya juga cukup menguras tenaga karena treatment yang cukup rumit, tapi sebenarnya masih bisa dilakukan sendiri di rumah.

    Cara Bersihkan Jok Kain

    Perlengkapan yang perlu disiapkan untuk membersihkan jok kain yakni vacuum cleaner untuk menyedot kotoran yang terselip pada pori-pori kain, cairan pembersih untuk membersihkan dan melepas kotoran yang menempel pada kain dan sikat gigi bayi yang halus, untuk menyikat celah-celah jahitan jok atau noda yang membandel.

    1.      Pakai Vacum Cleaner

    Penggunaan vacum cleaner biasanya diletakan di setiap sisi jok kain untuk menyedot debu dan kotoran yang tidak bisa dijangkau kain atau sikat. Membersihkan jok kain dengan vacuum cleaner lebih efisien karena kotoran yang ada dalam rongga kain juga terangkat dengan sedotan angin bertekanan.

     2.      Gunakan Cairan Pembersih dan Sikat Gigi Halus

    Setelah melakukan vakum, tuangkan cairan pembersih pada kain dengan hati-hati agar tidak sampai kain jok lepek, lalu sikat permukaan kain dengan sikat gigi yang halus agar noda atau kotoran terlepas dari kain agar, jok kembali bersih dan bebas dari kotoran atau debu.

     3.      Pakai Cover Jok

    Untuk memastikan jok kain tetap bersih dan tidak mudah kotor, pengguna mobil bisa menggunakan penutup kursi atau jok sebagai pelindung. Cover jok banyak dijual dipasaran dengan berbagai model. Agar cover tampak apik dalam mobil pilih warna cover jok yang cerah agar ruang kabin tampak lebih ceria.

    4, Pakai Pelapis Anti Noda

    Agar jok kain lebih aman dari paparan noda, gunakan pelapis anti noda pada jok kain mobil Anda. Pelapis anti noda yang disarankan adalah Scotchgard Fabric dan Upholstery Protector, yang bisa ditemukan di koto alat rumah tangga.

     5, Jangan Sering Makan dalam Mobil

    Jok kain sering kotor karena kebiasaan pengguna makan dan minum dalam mobil, sehingga sisa makanan atau minum tumpah di jok. Bahkan tumpahan makanan atau minuman bisa menyebabkan noda pada jok. Untuk itu, sebaiknya tidak sering menjadikan mobil, warung makan. Bila ada sisa makanan atau tumpahan minuman di jok, segera bersihkan agar tidak masuk ke sela-sela kain atau menimbulkan noda karena dibiarkan berhari-hari.