Berita

    Jenis Bahan yang Cocok untuk Karpet Mobil

    Karpet menjadi salah satu bagian penting yang akan berpengaruh pada kenyamanan di dalam kabin mobil. Jenis bahan karpet mobil juga sebaiknya diperhatikan agar mudah untuk dibersihkan, estetik, dan nyaman bagi pengendara maupun penumpang. 

    Ada beberapa jenis karpet mobil yang dibedakan sesuai bahannya. Anda sebaiknya memperhatikan baik-baik apa jenis bahan yang dipakai supaya bisa memilih karpet mana yang cocok untuk digunakan. 

    Jenis Bahan Karpet Mobil

    Setiap tipe bahan karpet tentu memiliki karakter masing-masing. Ini bisa menjadi acuan bagi Anda untuk memilih mana produk karpet yang paling bagus dan bertahan awet sesuai kebutuhan. 

    Jenis Bahan Karpet MobilFreepik.com

    Jenis bahan yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap harga. Oleh sebab itu pilihan tipe karpet ini juga sebaiknya disesuaikan dengan bujet. Berikut adalah beberapa pilihan jenis karpet mobil berdasarkan bahannya:

    • Karet

    Tipe pertama ada karpet mobil bahan karet. Ini merupakan salah satu jenis karpet yang sangat umum digunakan. Sesuai namanya bahan yang digunakan pada tipe karpet ini adalah bahan karet dan jenisnya karet asli. 

    Karpet karet seperti ini cukup mudah untuk dibersihkan. Kotoran yang menempel di karpet bisa lebih mudah untuk dicuci. Jadi tidak heran jika jenis karpet seperti ini cukup banyak diminati oleh pengguna mobil. 

    Hanya saja jenis karpet seperti ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Harganya memang bervariasi namun dibandingkan jenis karpet yang lain, tipe karpet ini lebih mahal di pasaran. 

    • Karpet Sintetis

    Selanjutnya ada jenis karpet dengan bahan sintetis. Bahan yang dimaksud menyerupai bahan karet dan sifatnya juga hampir sama. Kotoran yang ada di karpet bisa lebih mudah untuk dibersihkan. 

    Dibandingkan dengan karpet karet tadi, jenis karpet sintetis ini jauh lebih terjangkau. Hanya saja usia pakainya tidak terlalu lama, lebih singkat dibandingkan karpet dari bahan karet asli tadi. 

    • Beludru

    Bagi Anda yang ingin menciptakan suasana mewah di kabin mobil, jenis karpet ini bisa jadi pilihan tepat. Bahan karpet mobil beludru ini akan membuat interior mobil Anda terkesan elegan. 

    Tidak hanya tampilannya yang mewah, bahan karpet beludru ini juga jauh lebih nyaman di kulit. Hanya saja bahan ini sangat sulit untuk dibersihkan. Selain itu harganya di pasaran juga terbilang mahal. 

    • PVC atau Karpet Mobil Mi

    Pilihan berikutnya adalah karpet mobil dengan bahan PVC atau karpet mobil mi. Anda pasti sering melihat jenis karpet mobil seperti ini. Disebut karpet mobil mi karena permukaan karpetnya memiliki tekstur menyerupai mi atau bihun. 

    Jenis karpet seperti ini memiliki keunggulan daya cengkeram yang cukup kuat. Jadi tidak akan terasa licin dan tidak mudah bergeser dari tempatnya. Selain itu kotoran di karpet juga lebih mudah untuk dibersihkan. 

    Karpet ini juga sangat mudah untuk dijemur. Proses penjemuran bisa berjalan cepat dan harganya pun terjangkau. Ini bisa jadi pilihan jika Anda butuh karpet mobil yang mudah dibersihkan dan tidak terlalu mahal. 

    • Karpet Mobil Campuran

    Ada juga tipe karpet mobil dengan banyak bahan atau biasa disebut karpet mobil campuran. Ini merupakan jenis karpet yang menggunakan gabungan bahan PVC dan karet sintetis. 

    Jenis karpet seperti ini biasanya dibuat secara khusus jika Anda ingin menggunakan karpet dengan dua tipe bahan. Tentunya karakteristik karpet akan menyesuaikan jenis bahan yang digunakan. 

    Silakan pilih jenis bahan karpet mobil yang berkualitas bagus. Tentu akan jauh lebih baik jika karpet tersebut juga mudah untuk dibersihkan. Klik di sini jika Anda ingin mengakses informasi dunia otomotif lainnya.