Berita

    Kenali Ciri-Ciri Alternator Mobil Bermasalah

    Bagi orang yang bergelut di bidang otomotif, istilah alternator mobil bukanlah sesuatu yang asing. Terlebih komponen pada mobil ini merupakan salah satu hal yang vital pada kendaraan beroda empat tersebut.

    Selain harus diketahui oleh orang-orang yang bergelut di bidang otomotif, sebagai pemilik mobil Anda juga harus mengenalnya. Terutama jika alternator tersebut mengalami permasalahan.

    Penjelasan Tentang Apa Itu Alternator Mobil?

    Istilah alternator ini dikenal juga dengan sebutan dinamo. Beberapa pemilik mobil pasti kenal dengan komponen yang satu ini. Fungsinya sendiri yaitu untuk pembangkit listrik pada setiap kendaraan bermotor, seperti mobil.

    Dinamo merupakan komponen yang sangat penting dan vital karena berkaitan dengan kelistrikan untuk menghidupkan beberapa komponen kendaraan.

    Ada beberapa komponen pada mobil yang sangat bergantung pada alternator. Beberapa komponen tersebut seperti lampu, wiper, AC mobil dan tape mobil.

    Komponen-komponen yang bergantung pada dinamo akan ikut bermasalah jika dinamo tersebut mengalami kerusakan.

    Ciri Alternator Mobil Bermasalah atau Rusak

    Sangat penting untuk tetap menjaga dinamo agar tetap bekerja dengan baik. Karena seperti yang kami jelaskan, ada banyak komponen mobil yang bergantung pada dinamo. Itulah sebabnya, alternator menjadi komponen yang vital dalam hal kelistrikan.

    Sebelum kerusakannya bertambah parah, kenali apa saja penyebab-penyebab kerusakan atau permasalahan pada komponen ini.

            1. Lampu Indikator Pada Accu Menyala

    Untuk mengenali dinamo yang bermasalah pada dasarnya tidaklah sulit. Anda bisa melihat kondisinya dari lampu indikator pada accu atau aki. Jika lampu indikatornya menyala, maka bisa dipastikan dinamo sedang ada masalah.

    Lampu indikator akan merespon adanya permasalahan atau kejanggalan pada sistem kelistrikan mobil, salah satunya disebabkan pada komponen dinamo.

            2. Lampu Mobil Bagian Depan Terlihat Redup

    Pertanda lain yang bisa Anda jadikan sebagai ciri-ciri kerusakan alternator mobil yaitu melihat pada kualitas penerangan lampu depan. Jika lampu tersebut mulai redup, maka bisa menjadi pertanda adanya kerusakan pada alternator.

    Akan tetapi, pada beberapa kasus ada juga yang ditunjukkan dengan kondisi penerangan lampu depan yang terlalu terang. Hal ini biasanya terjadi karena over charge.