Berita

    Pentingnya Mengetahui Hal Ini sebelum Modifikasi Mobil

    Jika Anda merasa bosan dengan penampilan mobil, maka salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu modifikasi mobil. Ada berbagai jenis modifikasi yang bisa dilakukan, mulai dari mengubah tampilan fisik hingga berbagai komponen mesin di dalamnya.

    Anda juga bisa melakukan modifikasi ketika ada berbagai komponen yang rasanya perlu diganti atau ditambahkan, supaya perjalanan dapat lebih nyaman. Namun, sebaiknya hal ini tidak dilakukan secara sembarangan, ada berbagai hal yang perlu diperhatikan.

    Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Modifikasi Mobil

    Sebelum memutuskan untuk melakukan modifikasi pada mobil Anda, maka sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini!

    • Tentukan Tema atau Konsep Modifikasi

    Hal pertama yang penting untuk dipertimbangkan yaitu konsep atau tema dari modifikasi. Bisa jadi, Anda menginginkan tema tertentu untuk tampilan mobil Anda, misalnya ingin tema elegan, retro, modern, atau manis.

    • Perhatikan Budget

    Hal utama lainnya yang penting untuk dipertimbangkan adalah budget yang dimiliki untuk melakukan modifikasi.

    Dengan anggaran yang sudah dipersiapkan, maka Anda bisa menentukan modifikasi sejauh apa yang akan dilakukan, misalnya hanya mengganti tampilan atau akan menambahkan berbagai fitur di dalam mobil.

    • Buat Daftar Komponen yang Diperlukan

    Setelah menentukan konsep dan batas anggaran, maka Anda bisa mulai membuat daftar komponen yang diperlukan.

    Bisa jadi, seluruh komponen telah tersedia di bengkel terdekat atau tempat-tempat lain di dalam kota. Namun, bisa juga ada berbagai jenis komponen yang sulit ditemukan dan harus memesan dari kota lain.

    Hal seperti ini sebaiknya sudah Anda ketahui dan rencanakan sejak awal, sehingga proses modifikasi mobil tidak terganggu.

    • Cari Bengkel yang Sesuai

    Masih berkaitan erat dengan budget dan komponen, pemilihan bengkel untuk melakukan modifikasi juga perlu dipertimbangkan sejak awal. Lakukan riset yang matang tentang harga-harga ditawarkan untuk melakukan berbagai jenis modifikasi.

    Istock
    • Pertimbangkan Risiko Kehilangan Garansi Mobil

    Ketika akan melakukan modifikasi dengan mengganti komponen yang sudah menjadi standar pabrik, maka ada risiko garansi mobil akan hilang.