Berita

    Kenali Penyebab Air Radiator Mobil Bocor

    Kejadian air radiator bocor mungkin sering dialami oleh para pengendara mobil. Hal seperti ini sebenarnya tak boleh disepelekan. Bagaimanapun juga air radiator memiliki peran penting bagi mobil Anda agar performanya saat digunakan berkendara lebih optimal. 

    Penyebab Air Radiator Bocor

    Radiator memiliki peran penting bagi mobil yaitu menjaga suhu mesin mobil agar tetap dingin atau tidak overheat. Radiator mobil umumnya dilengkapi dengan tabung cadangan yang berisikan air. Namun bisa saja sewaktu-waktu air dalam tabung cadangan ini tumpah. 

    Tentu saja tumpahnya air radiator ini bisa terjadi karena berbagai jenis faktor penyebab. Berikut adalah faktor penyebab air radiator bocor yang sebaiknya Anda waspadai:

            1. Masalah pada Termostat

    Faktor pertama yang berisiko menjadi pemicu tumpahnya air radiator adalah kerusakan pada termostat. Termostat ialah komponen penting yang akan mengatur air radiator pada mesin mobil. Termostat inilah yang menjadi kunci pengaturan suhu mesin agar tidak overheat.

    Saat terjadi kerusakan termostat, maka pengaturan cairan juga akan terganggu. Hal ini kemudian memicu air dalam tabung cadangan bisa meluap. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk segera memeriksa kondisi termostat jika ditemui adanya tumpahan air. 

            2. Kerusakan Water Pump

    Selain termostat, kerusakan juga bisa ditemui pada komponen water pump. Water pump ini merupakan bagian dari radiator yang tugasnya adalah memompa air. Maksudnya, alat ini akan memompa air yang akan dipakai untuk menjaga stabilitas suhu agar mesin tidak overheat

    Saat water pump rusak, maka aliran cairan ke sistem pendingin akan terhambat. Akibatnya, air yang ada di dalam tabung cadangan secara otomatis akan keluar. Mesin tidak mendapatkan efek dingin karena pompa air macet sehingga tabung cadangan pun akan memberikan responnya. 

    Namun perlu diketahui bahwa hal semacam ini wajib diwaspadai. Kerusakan water pump yang tidak segera diatasi bisa memicu terjadinya overheat pada mesin. Jika memang sudah dideteksi ada kerusakan, maka water pump ini perlu segera diganti. 

            3. Kerusakan Radiator

    Jika Anda menemukan air radiator bocor dari tabung cadangan, maka bisa diperiksa seperti apa kondisi radiator itu sendiri. Bisa saja masalah atau kerusakan terjadi pada radiatornya sendiri. Apalagi untuk mobil-mobil tua yang sudah lama dipakai.