Berita

    Kenali Penyebab Aki Mobil Drop

    Aki mobil drop merupakan masalah yang merepotkan. Dengan begitu, Anda tidak dapat menggunakan mobil secara optimal dan tentunya memerlukan biaya ekstra untuk melakukan servis atau pergantian aki.

    Maka demikian, sebaiknya ketahui penyebab aki drop untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, khususnya saat menggunakan mobil untuk berkendara. Nah, artikel ini akan membahas tentang penyebab tersebut, jadi sebaiknya jangan lewatkan informasi berikut!

    Mengapa Aki Mobil Drop?

    Aki drop bisa terjadi lantaran beberapa penyebab. Di bawah ini merupakan poin-poin dan penjelasan tentang penyebab tersebut yang dapat Anda ketahui:

    • Aki Telah Berumur

    Sebagai baterai mobil, aki memiliki usia pemakaian. Apabila aki telah terlampau lama digunakan, maka tegangannya bisa semakin berkurang. Lebih parahnya lagi, kemampuan dalam menerima listrik asal alternator sudah tidak sebaik kondisinya dulu.

    Maka dari itu, untuk mengetahui atau mengingat usia aki mobil, Anda dapat mencatat kapan Anda menggunakannya pertama kali. Kemudian, letakkan atau tempel catatan tersebut di dekat atau bagian aki.

    • Alternator Rusak

    Penyebab aki mobil drop selanjutnya adalah kerusakan alternator. Ini merupakan komponen yang berfungsi menyuplai listrik untuk aki. Maka dari itu, apabila alternator rusak, tentunya tidak ada lagi aliran listrik menuju aki mobil.

    • Mobil Terlalu Lama Tidak Digunakan

    Jika Anda tidak melakukan pemanasan, atau meninggalkan mobil dalam durasi yang lama, maka ini bisa menyebabkan aki menjadi drop. Sebab, tegangan listrik aki bisa semakin berkurang apabila ia sudah lama tidak dihidupkan.

    • Memiliki Banyak Aksesoris

    Aki mobil drop dapat disebabkan oleh jumlah aksesoris mobil yang berlebihan. Sebab, semakin banyak aksesoris, maka semakin meningkatlah kebutuhan listrik. Ini menyebabkan aki drop dan berusia pendek lantaran konsumsi listrik yang masif.

    • Kesalahan Pemakaian

    Salah satu penyebab aki drop yang kerap tidak disadari adalah kesalahan kala menggunakan mobil. Lazimnya, sebagian besar pengguna telah melakukan sejumlah kesalahan fatal sehingga menyebabkan aki drop dan memperpendek umurnya.

    Satu contoh kesalahan tersebut adalah menghidupkan air conditioner atau AC berlebihan, walaupun sedang tidak dibutuhkan. Lalu, menghidupkan audio atau player ketika mobil sedang off juga dapat berpengaruh pada drop-nya aki.

    • Kabel Antara Dinamo Ampere dan Aki Bermasalah