Berita

    Kenali Perbedaan Rem Tromol & Rem Cakram

    Rem merupakan bagian penting dalam sistem keamanan mobil untuk menghentikan laju kendaraan. Ada dua jenis model rem yang sering dipasang pada kendaraan bermotor. Keduanya adalah rem tromol dan rem cakram. 

    Rem tromol merupakan jenis sistem yang sudah dipakai sejak dulu. Rem tipe ini bisa Anda temukan di kendaraan keluaran  lama. Rem ini masih eksis hingga sekarang dan biasanya dipasang di roda belakang kendaraan.

    Sedangkan rem cakram biasanya dipasang di roda depan, baik itu motor atau mobil. Kedua jenis rem ini memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari bentuk sampai  \cara kerjanya. Selain itu masing-masing jenis rem juga memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

    Bentuk Rem Tromol dan Rem Cakram

    Dari segi bentuk kedua jenis rem ini memiliki desain yang berbeda. Sehingga menawarkan fitur yang berbeda pula. Rem tromol bentuknya mirip mangkok dan tertutup. Ketika dibuka Anda bisa menemukan komponen-komponen kecil yang memiliki fungsinya masing-masing.

    Sedangkan rem cakram memiliki bentuk mirip piringan. Pada rem model ini tidak terdapat pelindung seperti rem tipe tromol. Memungkinkan orang untuk melihat piringan cakram beserta kaliper rem yang berfungsi menahan cakram agar kendaraan bisa berhenti.

    Cara Kerja Rem Tromol dan Rem Cakram

    Cara kerja pada rem tromol yaitu: 

    • Dengan menggunakan dua kampas rem untuk bergesekan dengan tromol agar putaran pada roda berhenti.
    • Ketika Anda menginjak pedal rem, minyak rem mendorong piston bergerak ke arah luar, menekan kampas rem. Menimbulkan gaya gesek dan panas untuk menghambat gerak roda.

    Sedangkan cara rem cakram menghentikan laju kendaraan adalah:

    • Dengan menjepit piringan cakram menggunakan komponen bernama kaliper. Di dalam kaliper terdapat piston dan kampas.
    • Ketika rem diinjak piringan cakram yang langsung terhubung ke roda akan dijepit dan membuat kendaraan melambat.

    Keunggulan dan kekurang Rem Tromol

    Baik rem tromol dan rem cakram keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pada rem tipe tromol kelebihannya ada di daya pengereman yang jauh lebih kuat. Hal ini karena kampas rem di dalamnya berukuran lebih besar dibanding rem model cakram. 

    Sehingga rem model ini lebih sering dipasang di roda belakang kendaraan, sekaligus berfungsi menjadi rem parkir. Selain itu, karena bentuk rem yang tertutup membuat kotoran tidak mudah masuk ke dalam komponen dan tidak akan mengganggu kinerja rem.