Berita

    Ketahui Cara Membersihkan AC Mobil yang Benar Secara Mandiri

    Salah satu cara untuk mengatasi AC mobil kurang dingin adalah rutin membersihkannya. Tenang saja, Anda tidak perlu ke bengkel untuk mengatasi hal ini. Cukup membersihkan secara mandiri di rumah.

    Sebab, biaya untuk sekali pembersihan ini bisa sampai ratusan ribu. Apalagi jika pendingin mobil Anda lama tidak dibersihkan. Sayang sekali kan uangnya?

    Langkah-langkah Bersihkan AC Mobil di Rumah

    Lalu, bagaimana ya cara untuk membersihkan pendingin mobil di rumah? Simak penjelasannya berikut ini ya!

            1. Pilih Lokasi Pembersihan 

    Sebelum membersihkan AC, sebaiknya cari tempat yang aman terlebih dahulu. Maksudnya adalah tempat yang bebas dari debu, dan memiliki udara yang baik. Agar saat melakukan pembersihan, Anda tidak repot karena terkena debu.

            2. Siapkan Alat dan Bahan

    Kedua yaitu menyiapkan alat-alat pembersih. Seperti brush atau sikat gigi yang lembut, cairan pembersih untuk mobil, lap dan juga tissue. Siapkan pula obeng untuk membuka komponen pendingin pada mobil.

    Pastikan alat-alat ini bersih ya. Supaya tidak ada debu yang menempel di pendingin karena terbawa oleh alat-alat tersebut.

            3. Cari Tempat Blower

    Setelah itu, Anda bisa mencari lokasi dari blower pada mesin pendingin. Biasanya blower ini terletak pada glove box atau bisa juga disebut laci dasbor. 

    Apabila Anda telah menemukan letak blower, maka buka glove box ini dengan menggunakan obeng. Setelahnya Anda bisa menemukan filter AC yang bentuknya panjang. Ambil atau copot filter ini supaya Anda bisa menemukan blower.

            4. Cek Filter AC

    Kemudian Anda bisa memeriksa kondisi filter AC. Apabila masih terbilang bersih, maka cukup sikat lembut bagian filter hingga debunya bisa menghilang.

    Namun apabila kondisinya sangat kotor, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Sebab, filter yang kotor ini akan sulit untuk disikat. Jadi lebih baik memasangnya dengan yang baru.

            5. Semprotkan Cairan Pembersih

    Selanjutnya, Anda bisa menyemprot cairan pembersih AC mobil pada bagian blower ya. Jangan lupa untuk memilih cairan dengan kemasan spray atau foam. Agar lebih mudah untuk membersihkan debu dan kotoran.

    Nah, sebelum menyemprot, Anda bisa mengocok botol terlebih dahulu. Kemudian hadapkan lubang semprot ke bagian blower. 

    Tips saat menyemprot adalah dengan menghidupkan mesin mobil dan ACnya terlebih dahulu selama lebih kurang 5 menit. Maksimalkan suhu atau putaran blower pada titik tertinggi. Supaya evaporator bisa menghasilkan embun dan mampu membasahi komponen.