Berita

    Teknik Peregangan untuk Mengatasi Pegal saat Mengemudi

    Jalanan yang macet atau berkendara jarak jauh bisa membuat tubuh terasa kaku dan pegal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan berbagai teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi

    Dengan melakukan olahraga sederhana di dalam mobil setidaknya bisa membuat Anda tetap bugar hingga tiba di tujuan. Apa saja teknik peregangan yang dibutuhkan pengemudi? Berikut informasinya!

    Mempelajari Teknik Peregangan untuk Mengatasi Pegal saat Mengemudi

    Melakukan perjalanan jauh dengan mobil bukan berarti tidak bisa berolahraga. Berikut beberapa teknik peregangan yang bisa mengatasi rasa lelah dan pegal saat berkendara:

    • Peregangan Tangan

    Teknik yang pertama adalah melakukan peregangan pada anggota tubuh yang aktif saat mengemudi yaitu tangan. Ada beberapa cara peregangan yang akan membuat tangan tidak terasa kaku, antara lain:

    • Memutar Pergelangan Tangan

    Luruskan tangan di atas kemudi dan duduk tegak sambil menggenggam tangan lalu memutarnya dengan perlahan. 

    • Peregangan Lengan

    Letakkan kedua tangan ke belakang dan condongkan tubuh ke depan. Kemudian, genggam tangan sambil menarik bahu ke belakang lalu tahan hingga beberapa detik. 

    • Meremas Setir

    Agar jari-jari tangan menjadi rileks dan fleksibel, Anda bisa melakukan peregangan dengan cara meremas setir mobil. 

    Caranya adalah dengan menekuk kedua siku hingga bagian lengan membentuk horizontal sambil meletakkan kedua tangan di sisi kanan dan kiri kemudi. Kemudian, remas setir sambil fokus pada otot lengan bawah dan atas. 

    • Peregangan Bahu

    Terlalu lama menyetir membuat bahu terasa pegal dan kaku. Mengangkat kedua bahu bisa membuat otot bahu kembali rileks. 

    Caranya adalah dengan tarik nafas sambil mengangkat kedua bahu secara perlahan setinggi mungkin dan menjaga pandangan tetap lurus ke depan. Setelah itu, hembuskan napas sambil menurunkan kembali kedua bahu. 

    • Peregangan Wajah 

    Terlalu lama berkonsentrasi saat mengemudi akan membuat wajah terasa kaku. Anda bisa melakukan senam wajah seperti menggerakkan mulut seolah menguap, tersenyum, atau gerakan mengunyah agar otot di bagian wajah menjadi lebih rileks. 

    peregangan wajah dengan senyum

    Pixabay.com

    • Peregangan Kepala 

    Teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi selanjutnya adalah bagian kepala dan leher. Pada bagian ini, prosesnya sama seperti saat pemanasan sebelum senam. 

    Caranya adalah dengan mengangguk, menengadah, dan menolehkan kepala ke kiri dan ke kanan secara bergantian. Saat melakukan peregangan tersebut, usahakan bahu juga ikut bergerak agar lebih rileks. 

    • Peregangan Punggung

    Untuk bagian punggung, Anda bisa melakukan gerakan memutar punggung atau torso twist. Caranya adalah duduk tegak, tangan berada di pinggang kemudian putar badan ke kiri. 

    Tahan sejenak lalu kembalilah ke posisi awal. Kemudian, putar badan ke kanan, tahan kembali, dan kembali ke posisi awal. 

    • Peregangan Kaki

    Sering menginjak kopling, rem, dan gas membuat otot kaki menjadi kaku. Sebelum melakukan peregangan pada bagian kaki, mundurkan terlebih dahulu memundurkan jok agar ada ruang gerak yang bebas untuk kaki.

    • Cara Pertama

    Duduklah dengan tegak dan usahakan kedua kaki menapak pada lantai mobil. Lalu, letakkan kaki kanan di paha kiri dan tarik jari kaki ke arah pergelangan kaki. Tahan sebentar sambil lakukan pijatan kecil lalu turunkan kaki. 

    • Cara Kedua

    Duduk tegak dengan posisi kaki tetap menapak pada lantai lalu sebarkan jari kaki sejauh mungkin dan tahan hingga beberapa detik. 

    • Cara Ketiga

    Tetap dengan posisi duduk tegak sambil memutar pergelangan kaki searah jarum jam sebanyak lima kali dan putar kembali ke arah sebaliknya sebanyak lima kali. 

    Dengan menerapkan berbagai teknik peregangan tubuh Anda akan merasa bugar kembali. Ingat, teknik peregangan untuk mengatasi pegal saat mengemudi tersebut hanya dilakukan saat mobil dalam kondisi berhenti. 

    Teknik peregangan ini bisa dilakukan dimana saja, termasuk saat menunggu proses servis rutin di bengkel resmi Suzuki. Anda bisa mencari lokasi dealer Suzuki terdekat melalui website resmi Suzuki atau klik suzukicintadamai.co.id/berita!

     

    Referensi

    https://hellosehat.com/kebugaran/kelenturan/gerakan-peregangan-sederhana/

    https://www.bola.com/ragam/read/4886596/macam-macam-gerakan-peregangan-yang-bisa-dilakukan-di-mobil-saat-jalanan-macet?page=6

    https://kumparan.com/kumparanoto/4-teknik-peregangan-yang-bikin-pengemudi-nyaman-berkendara-saat-mudik-1rEDbk7UTXH