Berita

    Simak Fungsi Lampu Rem Pada Mobil

    Mobil memiliki beberapa lampu yang memiliki fungsi berbeda-beda. Sebut saja salah satunya seperti lampu rem atau brake light yang tidak hanya berfungsi sebagai penerangan saja. Letak dari komponen ini berada tepat di bagian belakang mobil.

    Pada dasarnya, lampu tersebut tidak hanya ada pada mobil saja. Selain itu juga terdapat pada motor dengan fungsi yang tidak jauh berbeda.

    Apa Fungsi dari Lampu Rem?

    Baik pada mobil maupun motor, fungsi brake light secara garis besar sama. Lampu ini diletakkan di bagian kiri dan kanan belakang mobil. Bentuknya sendiri mirip seperti lampu kota akan tetapi warnanya merah.

    Pada saat mobil dihidupkan, maka lampu kota pada kendaraan tersebut pun akan ikut menyala. Akan tetapi, nyala lampu kota pada mobil yang sudah dihidupkan biasanya akan redup.

    Lalu ketika pengemudi menginjak rem, maka lampu kota tersebut akan menyala lebih terang. Fungsinya yaitu agar pengendara yang berada di bagian belakang tahu kalau Anda sedang menginjak rem.

    Lampu rem pada mobil akan mati dengan sendirinya ketika pengemudi melepaskan injakan pada pedal rem. Hal ini bisa terjadi karena daya dari lampu tersebut lebih besar dibandingkan dengan lampu kota.

    Dari lampu tersebut pengemudi di belakang bisa berhati-hati. Karena ketika sudah menyala, berarti pengemudi di belakang tahu kalau mobil Anda sedang mengerem, kemudian dia bisa ikut mengerem atau membelokan kendaraannya.

    Dalam kata lain, brake light juga berfungsi sebagai salah satu fitur keamanan pada mobil. Brake light bisa mencegah terjadinya tabrakan pengendara  yang datang dari arah belakang.

    Pentingnya Memperhatikan Brake Light Tetap Berfungsi

    Setiap pemilik mobil harus menjaga kualitas dan fungsi dari brake light. Karena jika tidak berfungsi, maka pengemudi di belakang tidak akan tahu kalau Anda sedang menginjak rem. Hal ini bisa berbahaya karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan.

    Brake light bahkan berfungsi sangat penting di malam hari. Berkendara di malam dengan kurang pencahayaan juga bisa mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

    Untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik, silahkan lakukan servis secara berkala. Pastikan Anda meminta para teknisi untuk mengecek kondisinya.

    Apa Saja Komponen Pada Brake Light?

    Setelah mengenal fungsi lampu rem mobil, kami akan sedikit menjelaskan beberapa komponen yang ada pada lampu tersebut. Tujuannya agar Anda mengetahui bagaimana lampu ini bekerja dan bisa mengecek penyebab atau tanda-tanda kerusakannya.